Menteri Kelautan dan PerikananSusi Pudjiastuti mendukung penuh para nelayan menggunakan bahan bakar gas (BBG) untuk kapal tangkap ikan. Hal ini bisa direalisasikan melalui pengembangan konverter kit di dalam negeri.

Manado_14

Hematnya Konverter Kit Amin Ben Gas yang merupakan hasil inovasi nelayan juga sudah dirasakan oleh nelayan di pesisir Kota Menado. Mereka berharap saudara-saudara nelayan di seluruh Indonesia pun bisa merasakan manfaatnya. (dok.aminbengas.com)

Pengembangan konverter kit sejalan dengan Perpres No. 126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga Elpiji untuk kapal perikanan. Pada pelaksanaannya gas elpiji 3 kg bisa sebagai bahan bakar untuk nelayan.

“Bu Susi mendukung kami gunakan gas elpiji 3 kg buat melaut cari ikan,” ujar nelayan asal Kalimantan Barat Amin Ben Gas, Kamis (17/3/2016).

Amin pun sudah bisa membuat konverter kit rakitan sendiri. Total Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dibuat Amin pun sudah mencapai 100 persen lokal.

“Ini sudah dapat SNI. Mengikuti arahan pak Jokowi menggunakan TKDN. Ini konverter kit pertama buatan lokal yang ber-SNI,” ungkap Amin.

Amin menjelaskan konverter kit yang dipasang pada kapal nelayan, bisa menghemat biaya bahan bakar.

Dalam perhitungannya Amien memaparkan gas elpiji 3 kg itu setara 10-15 liter premium.

“Kalau gunakan Premium yang sekarang Rp 7400 ribu kalikan saja 15 liter. Pemakaian gas lebih murah. Kalau elpiji nggak disubsidi, itu masih murah,” kata Amin.

Untuk memproduksi secara masal konverter kit, Amin Ben Gas menggandeng Produsen Fajar Cpita Wacana. Amin pun berharap Menteri Susi bisa menggunakan konverter kit lokal yang bisa dibagikan secara gratis kepada banyak nelayan.

Konverter kit ini juga yang menciptakan nelayan sendiri. Jadi adanya kearifan lokal,” papar Amin.

 

Sumber : tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>