Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan nelayan-nelayan miskin akan mulai mendapatkan paket konverter kit pada Mei.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan, setelah tayang lelang di pertengahan April, ditargetkan pada Mei para nelayan kecil sudah bisa mendapatkan paket konverter kit tersebut.

Manado_10

(dok.aminbengas)

“Pertengahan April ini akan tayang lelang. Kita harapkan sebulan lelang, jadi Mei nanti sudah bisa disebarkan,” kata Wirat saat ditemui di PLTDGU Pesanggaran, Denpasar, Bali, Sabtu (2/4/2016).

Wirat menyebutkan, mulai Mei akan disebar 5.000 paket konverter kit yang terdiri dari dua tabung dan satu konverter kit. Ia berharap, pada September target penyebaran 5.000 konverter kit sudah selesai.

“Jadi untuk tahun ini kita punya 5.000 kita clear kan dulu. Kita harapkan September nanti konverter kit itu sudah terpasang semua,” ungkap dia.

Sekadar informasi, program pemberian konverter kit dan tabung ke nelayan ini merupakan program pemerintah untuk mengkonversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Pemerintah pun sudah menganggarkan Rp74 miliar untuk program tersebut.

Agar pembagian konverter kit nelayan ini tepat sasaran, Wirat terus mengingatkan, bahwasannya program ini memang dikhususkan pemerintah untuk memfasilitasi nelayan-nelayan kecil di bawah 5 GT dan miskin di sembilan wilayah yakni Sukabumi, Cilacap, Demak, Cirebon, Karangasem, Tuban, Jakarta Utara, Pemalang, dan Tangerang.

“Ini khusus untuk nelayan miskin, jadi kapalnya kecil-kecil,” tegas dia.

 

Sumber : metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>