WhatsApp Image 2018-11-08 at 14.38

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan bantuan konverter kit BBM ke LPG.
Sejak 2016 Kementerian ESDM melaksanakan Program Pendistribusian Paket Perdana Konverter Kit BBM ke LPG untuk Nelayan Kecil. Program pemberian konverter kit secara gratis ini dimaksudkan untuk membantu ekonomi masyarakat nelayan kecil.
Selain itu juga upaya diversifikasi penggunaan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas guna mendukung ketahanan energi.
Konverter kit diberikan kepada nelayan untuk memanfaatkan gas dari tabung LPG sebagai bahan bakar penggerak motor. Paket konverter kit LPG untuk nelayan meliputi pipa penyalur (selang), pengatur (regulator), pencampur (mixer/injector) dan alat pendukungnya, tabung LPG, serta baling-baling beserta alat kelengkapannya.
LPG dipilih sebagai energi alternatif yang dapat digunakan oleh nelayan karena sudah familiar di masyarakat serta kinerja mesin penggerak yang menggunakan LPG relatif sama dengan motor berdaya rendah.
Pada 2016 realisasi pembagian konverter kit mencapai 5.473 unit untuk 10 kabupaten/kota di 5 provinsi. Kemudian pada 2017 sudah mencapai 17.081 unit untuk 28 kabupaten/kota di 11 provinsi. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 294 K/10/MEM/2018, hingga akhir 2018, akan dibagikan sejumlah 25 ribu unit konverter kit untuk 55 kabupaten/kota seluruh Indonesia.
Tercatat realisasi pembagian konverter kit sampai dengan Q3 2018 sebesar 6.075 unit di 16 kab/kota.
Adapun kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG sesuai Perpres No.126 Tahun 2015.
Perpres ini merupakan landasan hukum tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil. Antara lain disebutkan syarat yang berhak menerima bantuan adalah nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).
Dengan menggunakan konverter kit berbahan bakar LPG, penggunaan bahan bakar kapal akan menjadi lebih hemat, sehingga diharapkan memberikan nilai manfaat ekonomi yang signifikan bagi nelayan kecil.
Pembagian konverter kit untuk nelayan bertujuan sebagai solusi penyediaan energi alternatif ramah lingkungan, mengurangi emisi gas karbon monoksida/gas buang, mengurangi kerusakan terumbu karang dan membantu mengelola ekonomi masyarakat nelayan menjadi lebih sejahtera. Konverter kit BBM ke LPG untuk nelayan kecil mengurangi biaya operasional hingga Rp 50 ribu per hari. (*)
(Sumber : tempo.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>