Perakitan konveter kit ABG ke outboat HONDA 20 Pk/HP dengan bahan bakar gas lpg 3 kg

1261 Nelayan Kecil Kepulauan Selayar terima bantuan mesin katinting dan konverter KIT ABG yang mengkonversi bahan bakar dari BBM Ke BBG di Kompleks TPI Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar (Sulsel)

Pembagian Konverter Kit ABG Tahap 2 untuk 648 Nelayan yang ada di Lombok Utara

Pembagian Konverter Kit ABG di Lombok Utara

Kunjungan Tim Ahli Kohler Singapura di Workshop Amin Ben Gas

“Pemasangan Konverter Kit Amin Ben Gas Di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat”

Pemasangan Konverter Kit Amin Ben Gas dalam rangka Program Konversi BBM Ke BBG untuk kapal nelayan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2017 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Untuk Pasaman Barat, Program Konversi ini mendapatkan alokasi sebanyak 898 unit mesin dan konverter kit Amin Ben Gas (ABG) beserta kelengkapannya. Dengan pembagian sebagai Berikut ; Kecamatan Sasak sebanyak 401 unit, Kecamatan Sungai Beremas (Air Bangis) sebanyak 342 unit dan Kecamatan Kinali sebanyak 155 unit.

Nelayan Sulsel Ketiban 5.314 Konverter Kit di 2018, Pertamina MOR IV

Suasana pembagian paket Konverter Kit ABG di BONE,Sulawesi Selatan, 11 Nov 2018

Kesan Nelayan Tianyar-Bali saat mencoba Konverter Kit ABG

“UMKM PENERAP SNI”

Profil UMKM Penerap Standar Nasional Indonesia (SNI) binaan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

 

(Sumber Link Youtube : Badan Standardisasi Nasional)

“Sudut Istana TVRI Episode ke-27 Poros Maritim Dunia Bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan”  (Rabu,19 Oktober 2016)

Sudut Istana TVRI Episode ke-27, Rabu, 19 Oktober 2016, mengangkat tema Poros Maritim Dunia Bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

 

(Sumber Link Youtube : Direktorat Kemitraan Komunikasi Kominfo)

“Sosialisasi Konverter Kit Amin Ben Gas di Pelabuhan Wangi-wangi, Wakatobi”  (Good News Today Metro TV, Senin 15 Agustus 2016)

Sosialisasi konverter kit Amin Ben Gas di Pelabuhan Wangi-wangi Wakatobi. Liputan Metro TV Good News Today, Senin 15 Agustus 2016.

“Rakor Pemenuhan Energi Cold Storage dan Simulasi Konverter Kit Amin Ben Gas di Makassar 20-21 Juli 2016″ (dokumentasi Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya)

Rangkaian peliputan Rapat Koordinasi pemenuhan pasokan listrik untuk mendukung program cold storage untuk nelayan, kunjungan ke Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Paotere, dan Simulasi Uji Coba penggunaan Konverter Kit Amin Ben Gas pada kapal nelayan.

Rangkaian kegiatan berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 20-21 Juli 2016.

Sumber : www.maritim.go.id

“Kunjungan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Kalimantan Barat dan Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalimantan Barat”

(3 Februari 2016)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Dwi Suslamanto, Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalimantan Barat, Ermin Elviani,SH dan Kepala Dinas Kelautan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat, Ir. Gatot Rudiyanto, SH, MM, berkunjung dan menggunakan perahu berkonverter kit Amin Ben Gas dalam rangka mendorong konversi energi dari bahan bakar minyak ke Bahan Bakar Gas/elpiji untuk peningkatan taraf hidup nelayan kecil, petani dan pelaku UMKM lainnya.

Saat ini, Bank Indonesia konsen dalam pengembangan UMKM terutama dalam hal efisiensi. Dwi Suslamanto menambahkan, BI sangat mendorong pelaku UMKM bisa menekan ongkos produksi sehingga harga jual dapat bersaing. Penggunaan Konverter Kit Amin Ben Gas ini salah satu solusi menekan ongkos produksi dengan penghematan penggunaan bahan bakar, sehingga pelaku UMKM bisa meningkatkan marjin pendapatannya. Dengan penghematan ini juga pelaku UMKM diharapkan siap bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Barat, Ermin Elviani, SH menambahkan, produk inovasi konverter kit Amin Ben Gas ini harus terus didukung dan dikembangkan sebagai produk unggulan anak bangsa yang menjadi solusi dalam peningkatan taraf hidup masyarakat khususnya nelayan kecil, petani dan UMKM di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat, Ir. Gatot Rudiyanto, SH, MM sebagai bapak nelayan Kalbar berharap, konverter kit Amin Ben Gas ini harus didukung oleh para stakeholder secara bersama-sama karena sangat membantu dalam penghematan penggunaan bahan bakar dan dapat menambah penghasilan para nelayan tradisional.

Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2016.

“Kunjungan Kohler Power (Lombardini Group) Ke Workshop Amin Ben Gas”

(15 Januari 2016)

Perwakilan Kohler Power Singapura dan tenaga ahli (insinyur) Pabrik Kohler Cina berkunjung ke Workshop Amin Ben Gas. Kunjungan ini dalam rangka sharing teknologi konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas, khususnya penggunaan konverter kit Amin Ben Gas dengan mesin Kohler sebagai upaya mensinergikan Mesin Kohler yang sudah ber- Standard Environment Euro 4 dengan konverter kit Amin Ben Gas.

Tenaga ahli Kohler melakukan serangkaian pengujian sebagai berikut :

1. uji getaran mesin,

2. uji suhu (panas mesin),

3. uji tenaga yang dihasilkan,

4. uji kecepatan,

5. uji konsumsi bahan bakar,

6. uji keamanan,

7. uji emisi

Berdasarkan serangkaian pengujian yang dilakukan, Mesin Kohler yang diuji ber- Standard Environment Euro 4 ini secara prinsip ketika menggunakan bahan bakar gas dengan konverter kit Amin Ben Gas tidak ada perbedaan yang signifikan. Secara performa keseluruhan sangat baik dan mesin sangat stabil.

Tenaga ahli pabrikan Kohler menyatakan kagum dan salut nelayan Indonesia bisa membuat dan menghasilkan konverter kit yang mempunyai performa kerja yang sangat optimal berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan peralatan uji berstandar internasional.

Dengan konverter kit yang sederhana dan pemasangan yang mudah dilakukan orang awam sekalipun, konverter kit Amin Ben Gas bisa bekerja optimal dan bersesuaian dengan mesin yang sudah ber- Standard Environment Euro 4 yang telah dimiliki mesin Kohler. Performa mesin berkonverter kit Amin Ben Gas sangat bagus dan aman digunakan.

Amin Ben Gas yakin produk anak bangsa tidak kalah dengan produk dari luar. Hasil pengujian yang dilakukan tenaga ahli Kohler membuktikan bahwa kita mampu menghasilkan suatu karya yang tidak kalah dari produk luar.

Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2016.

“Sosialisasi dan Pelatihan Kepada Nelayan Penerima Bantuan Perahu Menggunakan Konverter Kit Amin Ben Gas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat di Desa Nanga Leboyan Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu”

Sosialisasi dan Pelatihan Kepada Nelayan Penerima Bantuan Perahu Menggunakan Konverter Kit Amin Ben Gas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat di Desa Nanga Leboyan Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 16-17 Desember 2015.

“Pemasangan Konverter Kit Amin Ben Gas Di Provinsi Sulawesi Utara – TVRI Kalbar”

Kumpulan Berita Konverter kit Amin Ben Gas di Sulawesi Utara Produksi TVRI Kalimantan Barat.

“Pemasangan Konverter Kit Amin Ben Gas Di Provinsi Sulawesi Utara – Amin Ben Gas”

Pemasangan Konverter Kit Amin Ben Gas di Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka Pengadaan Peralatan Konversi BBM ke BBG oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Utara.

Kelompok Nelayan yang mendapatkan bantuan konverter kit Amin Ben Gas ini diantaranya :
1. Kelompok Nelayan Delima, Kelompok Nelayan Malos di Kel. Malalayang Satu Timur Kec. Malalayang Kota Manado;
2. Kelompok Nelayan Asosiasi Nelayan Tradisional (ANTRA) Kota Manado;
3. Kelompok Nelayan Kawasan Mega Mas, Kelompok Nelayan Tarusi, Kel. Titiwungen Selatan, Kec. Sario Kota Manado;
4. Kelompok Nelayan Rahiyang, Kel. Sindulang Satu, Kec. Tuminting Kota Manado;
5. Kelompok Nelayan Desa Matani Satu, Kec. Tumpaan Kab. Minahasa Selatan;
6. Kelompok Nelayan Desa Tadoy, Kec. Bolaang Timur, Kab. Bolaang Mongondow

 

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 15 sampai 22 November 2015.

“Pemasangan Konverter Kit Amin Ben Gas di Propinsi Sulawesi Utara – Metro TV News” 

 

Tingginya harga BBM membuat seorang nelayan asal Kalimantan Barat membuat konverter kit,  alat yang mampu mengubah BBM menjadi gas. Alat konverter ini telah diuji oleh lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan telah mendapatkan rekomendasi untuk digunakan nelayan, Rabu (25/11/2015). – Metro TV News

“Pemasangan Konverter Kit Amin Ben Gas di Propinsi Sulawesi Utara – Ruang Kita TVOne” 

 

“Mesin Honda 6.5 HP menggunakan konverter kit Amin Ben Gas” 

 

“Mesin Kohler 14 HP menggunakan konverter kit Amin Ben Gas” 

 

“Sosialisasi dan Pelatihan Kepada Nelayan Penerima Bantuan Perahu Menggunakan Konverter Kit Amin Ben Gas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat di Desa Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah” 

 

Sosialisasi dan Pelatihan Kepada nelayan penerima bantuan perahu menggunakan konverter kit Amin Ben Gas dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat di Desa Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2015, di Desa Bakau Besar Laut Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah dengan nelayan penerima berasal dari kelompok nelayan Cahaya Samudera dan kelompok nelayan Lumba-lumba.

Bantuan yang diberikan kepada nelayan penerima diantaranya:
1. Perahu fiber
2. Mesin kohler 6.5HP
3. Konverter kit Amin Ben Gas
4. Box pengaman konverter kit
5. Tabung LPG 3kg 2 buah
6. Buku petunjuk cara pemasangan konverter kit Amin Ben Gas
7. Video tutorial cara pemasangan konverter kit Amin Ben Gas
8. Coolbox ikan

Iwan Supardi, Kepala Desa Bakau Besar laut mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kelompok nelayan di desanya dan berharap program ini dapat terus dilanjutkan kedepannya untuk kelompok nelayan yang lain.

Setelah melihat dan mengikuti kegiatan ini, Iwan Supardi mengakui penggunaan konverter kit pada mesin perahu nelayan ini sangat irit dan dapat menopang perekonomian masyarakat.

Para nelayan penerima bantuan setelah mendapatkan sosialisasi dan pelatihan sangat berterima kasih atas bantuan yang didapatkan. Mereka sangat terbantu karena penggunaan konverter kit ini dapat menghemat biaya operasional mereka dan dalam penggunaannya pun sangat mudah.

Dalam pelatihan ini salah seorang nelayan langsung mencoba perahu yang diberikan untuk dikemudikannya menuju Laut Cina Selatan dan tidak ada masalah sama sekali.

“SNI dan Inovasi : Konverter kit Mesin Perahu Nelayan Berbahan Bakar LPG 3kg” 

 

Video dokumenter perjalanan konverter kit Amin Ben Gas dalam penyusunan SNI. Di mulai dengan kunjungan ke workshop kampung nelayan yang sudah menggunakan konverter kit Amin Ben Gas sejak 6 tahun yang lalu. Dilanjutkan kunjungan ke pabrik PT. Fajar Cipta Wacana sebagi mitra dalam memproduksi konverter kit Amin Ben Gas di Cikupa Tangerang, Banten. Disertai pula dokumentasi kegiatan rapat-rapat dan FGD di BSN dan Kantor Kementerian perindustrian, pengujian di Laboraturium Puslit  SMTP LIPI serta kunjungan langsung ke workshop nelayan di Sungai Kupah. 

 

“Negeri ini dikarunia lautan luas… Tapi mengapa nelayan kita masih miskin dan tertinggal…

Kalau bukan KITA yang peduli, SIAPA lagi? Kalau bukan SEKARANG, KAPAN lagi?”

(video oleh Hary Haryanto dari BSN)

“Perahu dual Fuel Amin Ben Gas di Karnaval Khatulistiwa 2015″

 

 

Keikut sertaan perahu dual fuel Amin Ben Gas dalam Karnaval Khatulistiwa 2015 di kota Pontianak yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Ke-70 Republik Indonesia.

Perahu dual fuel Amin Ben Gas merupakan perahu motor nelayan yang menggunakan konverter kit sehingga bisa menggunakan bahan bakar gas/elpiji.

“Boat Race Amin Ben Gas”

 

 

Boat Race dengan konverter kit Amin Ben Gas menggunakan mesin 13,5HP (405cc). di Thailand, boat race ini dikenal dengan nama long tail boat.

“Penganugerahan Penghargaan Energi 2014″

 

 

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menetapkan “Penghargaan Energi” bagi Unsur Masyarakat (Perseorangan atau Kelompok), Perusahaan (Nasional/Daerah/Asing), serta Instansi Pemerintah di tingkat Pusat dan Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) sebagai apresiasi atas jasa besarnya dalam melakukan kegiatan usaha pengembangan, penyediaan, dan pemanfaatan energi dengan prinsip konservasi dan diversifikasi yang menghasilkan produk nyata secara fisik sebagai hasil inovasi dan pengembangan teknologi baru. Amin Ben Gas dalam penghargaan ini mendapatkan The Best Prakarsa Perorangan dan The Most Inspiring.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Kartini Jakarta, 18 Agustus 2014.

Kunjungan Prof.Dr.Ir. Dradjad Irianto, M.Eng. dari ITB

Kunjungan Prof.Dr.Ir. Dradjad Irianto, M.Eng. dari ITB dalam rangka uji coba tahap ke-3 konverter kit Amin Ben Gas pada mesin 13,5 HP (420cc). Uji coba ini dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2015.

Test Drive tahap 2 Konverter Kit Amin Ben Gas Pada mesin engine 13,5HP (420 cc).

 

“Pesan Khatulistiwa” (Amin Ben Gas)

video dokumenter profil Amin Ben Gas dengan judul “Pesan Khatulistiwa” Inovator Konverter Kit dari BBM ke BBG untuk Nelayan. Dokumenter ini merupakan bagian dari Penghargaan Energi Tahun 2014 untuk para pemenang yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Amin Sang Inovator Konverter Kit Ben Gas”

“Amin Sang Inovator Konverter Kit Ben Gas” merupakan dokumenter Amin dan inovasinya, Konverter kit Bensin ke Gas, yang ditayangkan di Program “BIANGLALA” TVRI Kalimantan Barat.

“Inovasi Sampan Bermotor BBG”