Converter Kit Amin Ben Gas

Converter Kit Amin Ben Gas

Pemerintah berencana membagikan sebanyak 50.000 converter kit untuk nelayan secara gratis di seluruh Indonesia.

“Pemerintah akan membagikan 50.000 converter kit secara gratis untuk nelayan, khususnya di wilayah terpencil Indonesia,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said  di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Anggaran converter kit tersebut diambil dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015. Selain untuk pengadaan converter kit, menurut Sudirman, anggaran tersebut juga akan digunakan untuk menjalankan program konversi minyak tanah ke gas elpiji 3 Kg. Paket elpiji perdana tersebut akan disebar ke Sumatera dan Indonesia bagian timur.

“Sebanyak 2 juta botol elpiji 3 Kg ke Sumatera dan sebagian timur,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pagu anggaran Kementerian ESDM tahun 2015 ditetapkan sebesar Rp10,02 triliun. Dari jumlah tersebut, pagu anggaran Ditjen Migas sebesar Rp830,582 miliar. Sebelumnya berdasarkan Keputusan Menkeu No. 278/KMK.02/2014 ditetapkan pagu anggaran Kementerian ESDM tahun 2015 sebesar Rp11,30 triliun.

Namun berdasarkan hasil penelaahan dengan Ditjen Anggaran dan hasil penelitian serta kajian Biro Perencanaan dan Itjen ESDM terdapat efisiensi sebesar Rp1,28 triliun, sehingga pagu anggaran Kementerian ESDM turun menjadi Rp10,02 triliun.

Efisiensi lainnya adalah penghematan internal KESDM hasil penelitian dan kajian RKA-KL, khususnya pada belanja barang. Untuk Ditjen Migas, efisiensi mencapai Rp23,1 miliar.

 

Sumber : Sindonews.com dan Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>